IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MADRASAH ALIYAH PUTERI AISYIAH DI PALU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan karakter secara monolitikatau di integrasikan pada setiap mata pelajaran, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaanpembelajaran tersebut. Studi ini dilakukan di Madrasah Aliyah putri Aisyiah dengan menggunakanpendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakterdilaksanakan secara monolitik terlihat pada pelajaran aqidah akhlak, pengintegrasian pendidikankarakter terlihat pada proses pembelajaran pendahuluan, inti, dan penutup. Pembiasaan, pengembangandiri, karakteristik madrasah melalui pencitraan, dan komponen pendidikan, metode serta pendekatanyang digunakan dipadukan dengan metode berbasis pesantren, siswa diasramakan, sekolah danasrama gratis. Salah satu faktor penghambat: adalah masih terdapat guru mengajar tidak sesuai dengankompetensi profesional, pihak madrasah dan pihak asrama belum sinergi dalam menentukan kegiatanekstrakurikuler yang berhubungan dengan pendidikan karakter.