MENGUKUHKAN PESANTREN SEBAGAI BASIS PEMBELAJARAN KITAB KUNING: PP. Salafiyah Al Falah Ploso Kediri Jawa Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan di pesantren Al Falah Ploso, dan faktorfaktoryang mempengaruhi kualitas pengajaran kitab kuning di pesantren Al Falah Ploso. Metode yangdigunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: Pondok Pesantren Al Falah telahmelakukan inovasi sistem pendidikan dari sistem tradisional (non klasikal) berupa pengajian sorogandan wetonan, kemudian ditambahkan dengan sistem pendidikan klasikal (Madrasah Ibtidaiyah,Tsanawiyah dan Aliyah, serta Riyadlotut Tolabah). Kedua, faktor penunjang penguasaan kitab kuning:komitmen kyai yang tinggi, kompetensi ustadz, input santri yang berkualitas, efektifitas kurikulum yangdigunakan, tingginya kitab-kitab kuning yang digunakan, sarana dan dana yang menunjang.