EVALUASI PENEGERIAN MADRASAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas penyelengaraan madrasah setelah dinegerikan.Penelitian evaluasi penegerian madrasah menggunakan metode survey pada Madrasah Negeri (MI, MTsdan MA) yang tersebar di 12 propinsi meliputi: Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Banten, Sumsel, Riau, Babel,Lampung, Kalsel, Sulawesi Utara dan Bali. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Telah terjadi perubahansistem pengelolaan madrasah yang dinegerikan terkait dengan perekrutan, manajemen, pendidikdan tenaga kependidikan, sarana prasarana, dan kesiswaan; 2) Kendala dalam pengelolaan madrasahmencakup keterbatasan sarana prasarana, rendahnya anggaran dari pemerintah, dan rendahnyakompetensi guru; 3) Kebijakan penegerian madrasah membawa pengaruh terhadap meningkatnyaprestasi akademik dan non akdemik siswa serta tingginya animo masyarakat; dan 4) Strategi pemerintahmeningkatkan mutu madrasah dilakukan melalui perbaikan manajemen kurikulum, kesiswaan, saranaprasarana, pendidik dan tenaga kependidikan, keuangan dan hubungan masyarakat.