INTEGRITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KAWASAN TIMUR INDONESIA (Pengaruh Tingkat Kondusifitas Lingkungan Terhadap Integritas Siswa)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat integritas siswa SLTA di 12 provinsi Kawasan Timur Indonesia dalam empat dimensi, yaitu kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan cinta tanah air. Tujuan yang lain adalah menemukan faktor lingkungan mempengaruhi tingkat integritas secara signifikan. Faktor lingkungan yang dimaksud terdiri atas tiga dimensi, yaitu lingkungan sekolah, keluarga dan tempat tinggal. Analisis persentase skor riil dari skor ideal dipergunakan untuk mengetahui tingkat integritas, dan analisis korelasi Pearson Product Moment dipergunakan untuk mengetahui tingkat kekuatan pengaruh dan tingkat signifikansi variabel lingkungan mempengaruhi variabel integritas. Ditemukan bahwa tingkat integritas siswa SLTA tergolong kategori sangat tinggi. Tiga dari dimensi yang diukur menggambarkan kategori sangat tinggi dan satu dimensi yang menggambarkan kategori tinggi. Ketiga dimensi yang tergolong kategori sangat tinggi adalah kejujuran, toleransi, dan cinta tanah air, sedangkan dimensi tingkat tanggung jawab siswa tergolong kategori tinggi. Dominan dimensi lingkungan berpengaruh signifikan terhadap dominan dimensi integritas. Hanya empat jenis analisis dari sejumlah 12 jenis analisis dalam penelitian ini tergolong memiliki tingkat korelasi yang tidak signifikan. Keempat jenis analisis itu adalah: Lingkungan Sekolah (X1) terhadap Toleransi (Y3); Lingkungan Tempat Tinggal (X3) terhadap Kejujuran (Y1), Tanggung jawab (Y2), dan Toleransi (Y3).