KEBERAGAMAAN REMAJA SEKOLAH DITINJAU DARILINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN GLOBALISASI MEDIA MASSA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada-tidaknya hubunganpengaruh yang signifikan antara lingkungan pendidikan : - keluarga,sekolah, masyarakat- dan media massa terhadap keadaan keberagamaansiswa atau remaja sekolah. Penelitian dilaksanakan di kota MenadoSulawesi Utara dengan memilih secara acak 120 orang siswa sekolahumum dan kejuruan selaku responden. Data primer diperoleh denganteknik pengisian quesioner secara face to face. Analisis data dilakukansecara statistik dengan menerapkan teknik uji Korelasi Ganda, padataraf signifikansi 95 % atau alpha : 0,05.Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa keberagamaan remajasekolah tidaklah semata-semata mencerminkan hasil proses belajarmengajaragama di sekolah, tetapi merupakan akumulasi daripengetahuan, aktivitas, pengamalan, dan pengalaman keagamaan yangmereka peroleh dalam keluarga, sekolah, masyarakat, dan penggunaanmedia massa.