PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS MADRASAH ALIYAH (MA) DI SAMARINDA

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkanpemahaman siswa kelas sebelas Madrasah Aliyah MA di Kota Samarinda. Masalah utama penelitian iniadalah bagaimana efektifitas model pembelajaran yang dikembangkan dalam meningkatkan pemahamansiswa kelas Teori yang terkait adalah konsep model pembelajaran kooperatif, pendekatan grup investigasisecara teoritis, hakekat pengajaran Alquran dan hadis serta karakteristik siswa Madrasah Aliyah. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan teknik pengumpulan dataobservasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa; a)hasil uji coba terbatas dan uji coba luas dengan tiga kategori Madrasah Eksperimen (ME) menunjukkanadanya peningkatan signifikan pemahaman siswa kelas XI dalam mata pelajaran Alquran hadis setelahperlakuan model hasil pengembangan (μ ≤ 0,05); b) hasil uji validasi menunjukkan adanya perbedaanpemahaman signifikan antara skor rata-rata posttest kelompok Madrasah Eksperimen dengan skor ratarataposttest kelompok Madrasah Kontrol (μ ≤ 0,05). Dengan demikian, model pembelajaran kooperatiftipe grup investigasi hasil pengembangan, efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas sebelaspada mata pelajaran Alquran Hadis.