PENERAPAN STRATEGI BELAJAR JIGSAW DALAM PEMBELA JARAN AQID AH AKHLAK

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuannya untuk mengetahui: 1. Seberapa besar siswa percaya dirimengikuti pelajaran dengan strategi belajar Jigsaw; 2. Seberapa besar siswa bersungguh-sungguh dalam menyiapkangilirannya melaporkan hasil diskusi sesuai tugasnya; 3. Seberapa tinggi hasil penguasaan siswa terhadap materi yangdipelajari dengan strategi Jigsaw; 4. Kesan siswa tentang pelaksanaan pembelajaran dengan strategi Jigsaw. Penelitian inidilakukan dalam 2 siklus melalui teknik observasi, wawancara dan Catalan tentang kejadian yang terjadi.Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan pembelajaran (aqidah akhlak) dengan strategi belajar Jigsaw dapatmeningkatkan kepercayaan diri siswa; 2. Melalui strategi belajar Jigsaw pula, maka siswa bersungguh-sungguh menguasaimateri (aqidah akhlak) yang menjadi tugasnya sebelum mendapat giliran melaporkan hasil diskusinya; 3. Setelah mengikutipembelajaran dengan strategi Jigsaw, siswa merasa mudah memahami dan mengerti pelajaran (aqidah akhlak); 4. Padaumumnya siswa terkesan dengan menyenangi dan antusias pada pelaksanaan strategi belajar Jigsaw sebab memberikanpengalaman yang sangat seru dalam proses belajar mereka