PENGARUH TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI KECANDUAN GAME ONLINE DI SMP NEGERI 17 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini menelaah Pengaruh Teknik Self-Management dalam mengatasi siswa yang mengalami kecanduan game online di SMP Negeri 17 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagamanakah gambaran pelaksanaan self-management di SMP Negeri 17 Makassar? 2. Bagaimanakah gambaran kecanduan game online siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik self-management di SMP Negeri 17 Makassar? 3. Apakah penerapan teknik self-management dapat mengatasi kecanduan game online siswa di SMP Negeri 17 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik self-management di SMP Negeri 17 Makassar. 2. Gambaran kecanduan game online siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik self-management di SMP Negeri 17 Makassar. 3. Pengaruh teknik self-management dalam mengatasi kecanduan game online siswa di SMP Negeri 17 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian single subject terhadap 3 subjek penelitian siswa di SMP Negeri 17 Makassar pada tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis visual dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pelaksanaan self-management menggunakan 4 tahapan yaitu kontrak, self-monitoring, pemberian tugas, dan modifikasi lingkungan. 2. Hasil trand grafik sebelum intervensi stabil pada kategori tinggi, kemudian pada saat intervensi terjadi penurunan positif, dan setelah treatment diberikan trand grafik SSR tetap menurun lalu stabil mendatar. 3. Terdapat pengaruh teknik self-management dalam mengatasi siswa yang mengalami kecanduan game online.