IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI PAPUA KOTA JAYAPURA

Abstract

Pendidikan agama merupakan bidang studi wajib di lembaga pendidikan dengan tujuan membantupeserta didik memperoleh kehidupan yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuigambaran deskriptif mengenai pendidikan Agama Kristen bagi anak difabel di Sekolah Luar Biasa,serta menemukan model pembelajaran yang tepat di SLB. Masalah yang diangkat adalah a) bagaimanapelaksanaan Pendidikan Agama Kristen di SLB, b) bagaimana konsep pendidikan agama bagi anakberkebutuhan khusus, serta c) apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaanpendidikan Agama Kristen di SLB. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasisederhana terhadap pengelolaan SLB, wawancara singkat dengan kepala sekolah dan guru di SLB sasaranpenelitian dan dokumentasi visual terhadap sarana dan prasarana SLB di Jayapura. Hasil dari penelitianini adalah 1) pelaksanaan pendidikan agama belum sesuai dengan harapan, karena belum tersedia guruagama khusus yang memiliki kompetensi dibidang keagamaan, sehingga untuk mengisi kekosongantersebut kepala sekolah menugaskan guru yang dianggap mampu untuk memberikan materi pendidikanagama. 2) konsep pembelajaran agama yang diterapkan dengan menggabungkan semua siswa difabeldalam satu kelas untuk semua tingkatan. Idealnya pembelajaran pendidikan agama di SLB dilakukanberdasarkan jenis difabel dengan pendekatan pembelajaran individual.