STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 11 MAKASSAR

Abstract

Pendidikan memiliki posisi sfrategis dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. Peran sentralguru dalam meningkatkan kualitas pendidikan perlu dipertimbangkan, karena guru secara khusus seringdiibaratkan sebagai jiwa bagi-tubuh pendidikan. Oleh sebab itu pendidik, peserta didik, dan kurikulummemiliki hubungan simbiotik dalam pembelajaran dan di dalam prosespembelajaran, guru harus memilikistrategi agar peserta didik dapat belajar sear a efektif dan efisien sehingga mencapai tujuan pendidikanyang maksimal dan salah satu langkah untuk memiliki strategi itu harus menguasai teknik dan metodepenyajian dalam pembelajaran. Ada dua aspekyang digambarkan dalam penelitian ini, yaitu I) pendidikanagama Islam, yang dilaksanakan di sekolah umum (SMA), 2) strategi pembelajaran, adalah berupa teknikdan metode pembelajaran pendidikan agama di SMAN 11 Makssar. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dan pengumpulan data menggunakan skunder dan data primer.Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan SMA 11 Makassar, mengacukepada undang-undang pendidikan nasional dan penjabarannya melalui peraturan menteri Diknas, disamping peraturan Menteri Agama Rl, pelaksanaan pendidikan agama Islam menggunakan strategipembelajaran berupa teknik dan metode pembelajaran. Di dalam Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP)empat guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SMAN 11 Makassar menggunakan tiga metode pembelajaran,yaitu metode ceramah interaktif, tanya jawab dan demonstrasi.