KUALITAS SARANA DAN PRASARANA PADA MADRASAH ALIYAH DI KALIMANTAN TIMU
Abstract
Penelitian dilaksanakan di Kalimantan Timur dengan menggunakan metode Deskriptif Eksploratif dengan tujuan mengungkap dan menggambarkan kondisi kualitas sarana dan prasarana Madrasah Aliyah (MAN, MAS (yayasan dan pontren). Hasil penelitian, Kualitas sarana prasarana Madrasah Aliyah Kalimantan Timur secara keseluruhan ketercapaian standar nasional pendidikan (SNP) terkategori Tinggi. Namun sebaliknya, kondisi sarana prasarana MAS (yayasan dan pontren) masih sangat terbatas khususnya pada aspek ketersediaan lahan, bangunan, ruang kelas, laboratorium dan perpustakaan serta penunjang lainnya yang merupakan hal penting dalam kebutuhan proses kegiatan belajar mengajar. Pihak pengelola madrasah dalam melangsungkan proses belajar mengajar hanya mengkondisikan fasilitas yang ada.Ketercapaian kualitas sarana prasarana MAN terbilang mendekati standar nasional pendidikan sedangkan MAS (yayasan dan pontren), masih memerlukan usaha dan perhatian pemerintah, guna memenuhi kebutuhan (fasilitas) agar pelaksanaan proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efesien.Salah satu keberhasilanlembaga pendidikan Islam dalam menyelenggarakan proses pendidikan,apabila ditunjang/didukung olehsarana prasarana dan mampu bersinergiserta membangun komunikasi pada lembaga/pemerintah dan masyarakat