PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI R.A. DDI ADDARIYAH KOTA PALOPO
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan pemahaman tentang penanaman nilai-nilai agama padaanak-anak usia dini di Palopo, RA DDI Addariyah sebagai subjek. Pertanyaan penelitian adalahbagaimana lembaga pendidikan agama mendidik dan menanamkan nilai-nilai agama pada anakpeserta didiknya dan faktor-faktor apakah yang berpotensi menjadi pendukung maupun penghambat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam upaya menanamkan nilai-nilai agama pada anak pesertadidik, RA DDI Addariyah Palopo memadukan kurikulum Kementerian Agama (Kemenag) maupunkurikulum Kementerian pendidikan Nasional (Kemendiknas) maupun beragam metode penanaman.Sebagai faktor pendukung, para guru memiliki motivasi yang tinggi kendatipun tidak diimbangi denganpendapatan yang memadai dalam melakukan tugasnya. Sedangkan, minimnya fasilitas dan kurangnyapendanaan dapat menjadi faktor penghambatnya. Sebagai rekomendasi, Kemenag memberi perhatiandan bantuan untuk meningkatkan fasilitas bagi lembaga-lembaga pendidikan usia dini tersebut maupunmemberi pelatihan secara reguler kepada para gurunya.