IMPLEMENTASINILAI-NILAIPENDIDIKAN DALAM SURAH ALI 'IMRAN PADA MTsN WATAMPONE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan wujud nilai-nilai pendidikan dalam surah Ali 'Imran danimpelementasinya pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Watampone, yang secara ideal semua prosespendidikan pada madrasah tersebut berdasar pada Alquran, sebagai dasar normatif pendidikan Islamyang salah satu di dalamnya adalah surah Ali 'Imran. Untuk menemukan data yang akurat dipergunakanberberapa metode di antaranya, metode pendekatan pedagogis dan psikologis, sedangkan pengumpulandatanya dilakukan melalui library research da.n field research, dan diolah dengan metode kualitatif sertadianalisis dengan content analysis dan concept analysis.. Hasil penelitian ditemukan tujuan, fungsi danmetode pendidikan yang terdapat dalam surah Ali 'Imran. Lalu dikaitan dengan implementasinya padaMadrasah Tsanawiyah Negeri Watampaone. Para guru dan siswa yang ditunjuk sebagai sampel searahpendapatnya bahwa sesungguhnya nilai-nilai pendidikan dalam surah Ali 'Imran telah terimplementasidengan baik pada madrasah tersebut, namun masih perlu penyempurnaan, terutama pada matapelajaran tertentu yang bukan mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI).