KOMPETENSI SUPERVISI, KEPRIBADIAN, DAN SOSIAL KEPALA MADRASAH DI PROVINSI PAPUA BARAT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kompetensi kepala madrasah di Provinsi Papua Barat, denganmelihat aspek supervisi, kepribadian, dan sosial pada Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyahbaik negeri maupun swasta di Kota/Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatifdalam analisis data selain angket/quesioner dengan pendekatan survei, berupaya untuk mengetahuikompetensi kepala madrasah terhadap kepemimpinannya.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam analisis data selain angket/quesioner akan dianalisissecara deskriptif kualitatif untuk mengetahui kecendrungan guru terhadap kompetensi kepala madrasahterpilih. Hasil analisis disajikan lewat data, tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwatingkat kompetensi kepala madrasah MI, MPs, MA negeri/swasta. Secara keseluruhan kompetensi kepalamadrasah terkategori Sedang dengan nilai rerata 62,33. Menurut penilaian guru terhadap kompetensikepala madrasah MI, MPs, MA negeri/swasta. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah terkategori Tinggi dengan skor rerata 3, L