EFISIENSI PEMBELAJARAN PAI MELALUI KEGIATAN PERBAIKAN KINERJA BERKELANJUTAN PADA KELOMPOK KEGIATAN GURU PAI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kinerja pembelajaran guru melalui program Perbaikan Kinerja Berkelanjutan (PKB) pada Kelompok Kegiatan Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Masalah penelitian yang diajukan terkait dengan bagaimana meningkatkan kinerja pembelajaran guru pada kelompok guru sasaran melalui pendampingan PKB. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode action research yang didesain mengikuti siklus plan (merencanakan), do (melakukan) dan see (mengamati) yang secara operasional diimplemenasi secara bergilir pada 3 (tiga) sekolah berbeda: SDN Kompleks Pemda Makassar, SDN Kompleks IKIP 1 Makassar dan SDN Inpres Aroeppala Makassar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengorganisasian PKB pada KKG PAI efektif mendorong motivasi guru untuk merubah cara pandangnya terhadap pembelajaran; (2) pengorganisasian PKB pada KKG PAI efektif mendorong perbaikan kinerja pengelolaan kelas; (3) pengorganisasian PKB pada KKG PAI efektif mendorong perbaikan kinerja pengelolaan bahan pembelajaran, dan (4) pengorganisasian PKB pada KKG PAI efektif mendorong kinerja evaluasi pembelajaran. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatan motivasi, komitmen professional dan kinerja pembelajaran guru di dalam kelas.