IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MAN MODEL MANADO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada tataran sosialisasiyang dilakukan baik oleh Kemenag (Mapenda), Diklat Keagamaan Manado, Pengawas Madrasah, danMAN Model Manado, serta proses pengimplementasian pendidikan karakter, faktor pendukung danpenghambat dalam pengimplementasiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi padatataran pengambil kebijakan telah dilakukan, pendidikan karakter telah diintegrasikan pada kurikulummelalui mata pelajaran dan kegiatan pengembangan diri (ekstrakurikuler). Di antara kendala dalampendidikan karakter yakni kesiapan guru dalam teknik impelementasi pendidikan karakter masih sangatkurang serta wadah guru untuk mengkomunikasi berbagai hal termasuk pendidikan karakter secarateknis sangat diperlukan untuk menjalin jejaring kerja antar guru dan antar lembaga. Peningkatankompetensi guru menjadi keharusan mengingat pentingnya pendidikan budaya dan karakter bagisiswa, baik dalam bentuk diklat, workshop, atau seminar.