KONSTRUKSI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN SPIRITUAL UNTUK PERBAIKAN KARAKTER

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi objektif pelaksanaan pembelajaran yangmengintegrasikan nilai-nilai karakter, mengungkap konstruksi model pembelajaran berbasis kecerdasanspiritual untuk perbaikan karakter, dan mendeskripsi model perbaikan karakter melalui programpembelajaran berbasis kecerdasan spiritual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi partisipan dalam bentuk partisipasi moderat,pedoman wawancara kelompok fokus dan lembar 'checklist' dokumen. Analisis data dalam penelitianini menggunakan analisis data kualitatif dengan merujuk pada tiga tahap analisis, seperti reduksi data,sajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model integrasinilai-nilai karakter dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui integrasi pengetahuan konten, prosespembelajaran, lingkungan belajar, kegiatan ekstrakurikuler, dan pemberdayaan budaya dan stuktur sosialdalam lingkungan sekolah. Model pembelajaran berbasis kecerdasan spiritual mencakup penentuanstrategi implementasi, prosedur penerapan, integrasi tugas, pengawasan pelaksanaan, dan evaluasiproses dan hasil. Perbaikan karakter dilakukan melalui Baca Tulis Alquran, Taman Baca Sekolah, danKantin Kejujuran.