PENDIDIKAN NILAI: DI SEKOLAH MADANIA KABUPATEN BOGOR

Abstract

Paper ini menyajikan hasil penelitian terhadap program Pendidikan Menghidupkan Nilai yang dilakukansejumlah elemen masyarakat. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi kasus terhadap implementasiprogram tersebut di Sekolah Madania, Parung, Bogor. Penelitian ini mencoba mengkaji apakah programPendidikan Menghidupkan Nilai dapat menjadi model yang berguna untuk meningkatkan kualitaspembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. Hasil studi ini memperlihatkan bahwa programPendidikan Menghidupkan Nilai telah memberi hasil positif yang teramati dalam perubahan perilakutenaga pendidik maupun siswa terkait sejumlah nilai yang dipelajari, seperti kejujuran, penghargaan,toleransi, dan tanggung jawab. Berdasarkan hasil riset ini, peneliti menyimpulkan bahwa PendidikanMenghidupkan Nilai, terutama pada aspek pendekatan dan metodenya, dapat menjadi model bagipembelajaran PAI di sekolah.