PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPLB NEGERI BALIKPAPAN

Abstract

Penelitian pada siswa berkebutuhan khusus ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaranPAI dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran tersebut. Studi ini dilakukandi Sekolah Luar Biasa Negeri Balikpapan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitianini menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI pada siswa berkebutuhan khusus disesuaikandengan kemampuan siswa namun tetap berdasar pada standar nasional, kekhususan disabilitassiswa peserta didik perlu diperhatikan untuk mengefektifkan proses pembelajaran PAI, perencanaanpembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran serta media pembelajaran memperlihatkanimplementasi pada pelaksanaan pembelajaran. Perbedaan ditunjukkan pada aspek evaluasi yang tidakdi sarankan bagi semua siswa kecuali bagi siswa yang mampu mengikuti evaluasi. Salah satu faktorpenghambat adalah kompetensi guru PAI dalam aktivitas pembelajaran dan ketersediaannya sangatdibutuhkan, menjadi sebuah dilema bagi siswa berkebutuhan khusus dalam memperoleh pendidikanagama secara maksimal.