KUALITAS KINERJA PENGAWAS MADRASAH DALAM PERSPEKTIF GURU DAN KEPALA MADRASAH (Analisis Perbandingan Kepuasan Guru dan Kepala MI terhadap Supervisi Pengawas Madrasah di Sukoharjo dan Surakarta Jawa Tengah)

Abstract

Pengawas madrasah memiliki tanggung jawab melaksanakan supervisi akademik dan manajerial pada madrasah. Oleh karenanya pengawas madrasah memiliki peran dan fungsi ganda, yang dalam kinerjanya bersentuhan langsung dengan seluruh komponen madrasah, dua diantaranya adalah guru dan kepala madrasah. Dengan pendekatan mixed method, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pengawas MI di Sukoharjo dan Surakarta yang secara geografis cukup berbeda, sekaligus menguji perbedaan kepuasan di dua wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kinerja pengawas MI dalam perspektif guru dan kepala madrasah masih relatif rendah. Pengawas MI belum melakukan pembinaan kepada madrasah dan guru secara optimal. GAP antara harapan guru dan kepala madrasah dengan kinerja pengawas seluruhnya bernilai negatif. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas kinerja pengawas MI belum sesuai dengan harapan guru dan kepala madrasah, baik di Sukoharjo maupun Surakarta. Hasil independent t test menunjukkan adanya perbedaan tingkat kepuasan guru dan kepala MI di Sukoharjo dan Surakarta. Bahkan tingkat kepuasan guru terhadap supervisi akademik pengawas di Surakarta lebih rendah dari Sukoharjo. Artinya luas wilayah dan jumlah madrasah binaan yang relatif kecil tidak menjamin tingginya kepuasan guru terhadap kinerja pengawas MI.