RESPON MASYARAKAT TERHADAP MADRASAH TERAKREDITASI Studi pada MTsN Tulehu Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku

Abstract

AbstrakPenelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui tingkat respon masyarakat terhadap madrasah terakreditasi.Respon yang dimaksud terdiri alas pengetahuan (pemahaman), sikap (penilaian) dan partisipasi masyarakat selama iniberkaitan dengan madrasah terakreditasi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini didasari pada PeraturanPemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 2 ayat (2) tentang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa penjaminan danpengendalian mutu pendidikanyang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) perlu dilakukan tiga program terintegrasiyaitu evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi. Karenanya, sangat urgen mengamati respon masyarakat terhadap madrasahterakreditasi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaiamana tingkatpengetahuan, sikap, dan partisipasimasyarakat terhadap peningkatan kualitas madrasah terakreditasi pada MTsN Tulehu Kabupaten Maluku Tengah. Jenispendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sumber data diperoleh dari masyarakat yang bermukim di sekitarmadrasah dan orang tua siswa dengan menggunakan angket. Penarikan sampel dilakukan dengan dua tahap yaitupurposifdan random. Purposif dilakukan pada penentuan kabupaten sedangkan penarikan sampel secara random dilakukan terhadapmasyarakat yang bermukim di sekitar madrasah. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat pengetahuan/pemahaman, dansikap/penilaian masyarakat terhadap madrasah terakreditasi MTsN Tulehu terkategori "Tinggi", sedangkan tingkat partisipasi/keterlibatan masyarakat terhadap madrasah terakreditasi terkategori "rendah ".