KOMPETENSI PENGAWAS MADRASAH DI KOTA KENDARI

Abstract

Posisi pengawas dalam sistem pendidikan nasional Indonesia sangat strategis.Tugas dan fungsi sebagaitenaga supervisor akademik dan manajerial serta evaluator terhadap peningkatan kualitas kepalamadrasah dan guru mata pelajaran menuntutnya untuk berkerja secara professional.Namun beberapahasil riset parsial menyatakan bahwa tingkat profesionalitas pengawas masih tergolong rendah.Risetkali ini menelusuri tingkat kompetensi pengawas secara komprehensif, yaitu mencakup kompetensiakademik, manajerial, evaluasi pendidikan kelitbangan, kepribadian, dan sosial.Penelitian survei diKota Kendari pada tahun 2012 mengumpulkan data dengan metode kuantitatif dan analisis deskriptifkuantitatif, terhadap 25 responden (pengawas).Penelitian bertujuan untuk menemukan tingkatkompetensi pengawas dengan harapan dapat bermanfaat terhadap kebijakan peningkatan kualitaspengawas madrasah.Ditemukan, bahwa secara umum tingkat kompetensi pengawas madrasah diKota Kendari terkategori ‘sedang’. Dan tingkat kompetensi pengawas berdasarkan karanteristikpengawas tampak variatif.Peningkatan kompetensi pengawas perlu diintensifkan terutama peningkatanpengetahuan, sikap, dan keterampilan yang berkaitan dengan pembinaan dan bimbingan terhadapkepala madrasah dan guru mata pelajaran, penelitian, penilaian kinerja, dan kemahiran membangunkemiteraan.