INOVASI PENDIDIKAN AGAMA DI SMP FRATER BINAAN YAYASAN TAMAN TUNAS KOTA KENDARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi dan inovasi pembelajaran pendidikan agama di SMP Frater Kendari yang merupakan sekolah Katolik, binaan Yayasan Taman Tunas yang memiliki latar belakang peserta didik yang multi agama. Rumusan Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah:  Bagaimana Inovasi Pendidikan Agama yang diimplementasikan serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses  Inovasi Pendidikan Agama di SMP Frater Kendari?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasidan inovasi pembelajaran pendidikan agama yang diterapkan adalah pembelajaran Pendidikan agama Katolik untuk semua siswa tanpa melihat dari latar belakang siswa yang multi agama sesuai dengan ciri khas sekolah Katolik. Adapun materi pendidikan agama Katolik bersifat umum (universal) yang pembahasannya sedapat mungkin bisa dipahami oleh siswa yang beragama non Katolik.