SEKOLAH ALAM LAMPUNG: WADAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Abstract

Tulisan ini menyajikan hasil penelitian mengenai pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) di Sekolah Alam Lampung, termasuk di dalamnya metode pembelajaran serta faktor pendukungdan penghambat pelaksanaan PAI. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif ini dilakukandi Sekolah Alam Lampung pada tahun 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAIdi Sekolah Alam Lampung menggunakan metode keteladanan, integrasi PAI ke dalam semua matapelajaran dengan menggunakan model spiderweb, integrasi PAI dalam intra/ekstra-kurikuler, melibatkanseluruh komponen sekolah dan orang tua, mengutamakan praktek dan pengalaman, dan memanfaatkanalam sebagai media pembelajaran. Faktor pendukung berupa kebebasan guru untuk mengeksplorasimetode dan strategi pembelajaran, lingkungan yang kondusif, dan pandangan positif orang tua terhadaptenaga pendidik. Sementara faktor penghambat berkaitan dengan keterbatasan sumber daya tenagapendidik, perbedaan kemampuan pemahaman agama peserta didik, serta masyarakat yang belum dapatsepenuhnya menerima keberadaan sekolah alam.