Responsi Masyarakat Desa Terhadap Perkembangan Kaset Agama (Studi Kasus di Desa Datara Kab. Gowa)
Abstract
Menurut Onong Uchjana Effendy,media massa merupakan media komunikasiyang mampu menjangkau khalayak yangjumlahnya relatif amat banyak, heterogen,otonom, terpencar-pencar, sertabagi komunikatoryang menyebarkan pesannya bersifatabstrak. Media tersebut meliputi pers,radio, televisi, dan film, dengan cirinyayang utama menimbulkan keserempakan(simultanity) dan keserentakan (instantaneousness)pada khalayak tatkala diterpapesan-pesan yang disebarkan kepadanya.1Alvin Toffler dalam The Third Wave(1980) membagi tiga tahap perkembanganperadaban manusia, yaitu gelombang pertama,tahap agricultural, tahap kedua, tahapindustrial, dan tahap ketiga, tahap informasi,atau disebut pula gelombang ke tiga.Setiap gelombang memiliki ciri khas masing-masing, baik dalam bidang teknosfer,infosfer, sosiosfer, dan fiskosfer. Yangmenjadi sumberkekuatan gelombang ketigabukan lagi pada sumber daya alam danpemilikan alatproduksi, melainkan terletakpada informasi sebagai kekuatan utama