EFEKTIFITAS DIKLAT GURU MATA PELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH (Studi Tingkat Respon Guru Mata Pelajaran Yang Pernah Mengikuti Diktat Terhadap Penyelenggaraan Diklat di Balai Diklat Keagamaan Ambon)
Abstract
Program diklat Guru Mata Pelajaran (GMP), diperuntukkan bagi meningkatkan kompetensi guru sehingga kualitaspendidikan yang diharapkan juga semakin meningkat. Berdasarkan harapan tersebut maka masalah penelitian yangdiangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana respon peserta diklat Guru Mata Pelajaran (GMP) terhadappenyelenggaraan Diklat GMP dan bagaimanapeningkatan kompetensi Guru Mata Pelajaran (GMP) setelah mengikutiDiklat GMP. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif, Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dilapanganadalah: angket, daftar pertanyaan, dan dukumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon peserta diklat Guru Mata Pelajaran (GMP) terhadap penyelenggaraanDiklat GMP di Maluku cukup positif dan berada dalam kategori baik dan pada aspek rekrutmen dikategorikan kurangefektif. Pada pelaksanaan Diklat secara umum, perlu perbaikan ierutama pada sumber dan media belajar masihkurang. Pada kompetensi pedagogik diperoleh respon guru dirasakan kurang pada aspek pedagogik khususnya padapenyelenggaraan pembelajaran. Pada kompetensi profesional terutama pada kemampuan memanfaatkan teknologiinformasi dan komunikasi dalam pengembangan diri direspon oleh guru masih kurang. Pada kompetensi sosial padaumumnya direspon oleh guru kurang mampu berkomunikasi dengan teman sejawat dan komunitas ilmiah lainnya. Padatingkat kompetensi profesional terkategori baik kompetensi pedagogik kategori sedang, kompetensi profesional kategorisedang, kompetensi kepribadian kategori sangat tinggi, dan kompetensi sosial terkategori sedang.