PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MIA MAN WAJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran persepsi siswa tentang guru matematika, minat belajar matematika, dan hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Wajo, (2) pengaruh persepsi siswa tentang guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Wajo, (3) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Wajo, dan (4) pengaruh persepsi siswa tentang guru dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIA MAN Wajo.Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X MIA MAN Wajo yang berjumlah 84 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu populasi itu sendiri. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala persepsi siswa tentang guru dan skala minat belajar serta dokumentasi untuk hasil belajar matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu dengan regresi linear berganda.Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk persepsi siswa tentang guru matematika diperoleh nilai rata-rata 73,19 berada pada kategori sedang dengan presentase 61%, untuk minat belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 62,35 berada pada kategori sedang dengan presentase 67%, dan untuk hasil belajar matematika diperoleh nilai rata-rata 58,45 berada pada kategori sedang dengan presentase 64%. Adapun hasil analisis statistik inferensial pada regresi linear sederhana diperoleh nilai sig. < 0,050 (0,004 < 0,050) berarti terdapat pengaruh persepsi siswa tentang guru terhadap hasil belajar matematika siswa dengan sumbangan presentase 9,5%, sig < 0,050 (0,0001 < 0,050) berarti terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan sumbangan presentase 24,2%. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh Fhitung > Ftabel (16,268 > 3,960) yang menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang guru dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan sumbangan 28,7%