ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang ditinjau dari kecerdasan intrapersonal yang dimilikinya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek sebanyak 5 orang menggunakan teknik purposive sampling. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dilakukan pengambilan data berupa tes kemampuan komunikasi matematis dengan materi bentuk aljabar, dan angket kecerdasan intrapersonal. Data yang diperoleh berupa data hasil tes dan angket, selanjutnya data dianalisis dan disimpulkan. Secara keseluruhan hasil tes yang diikuti 5 peserta didik mempunyai hasil yang beragam. Selanjutnya diambil subjek penelitian untuk mengikuti tes tulis kemampuan komunikasi matematis. Masing-masing diambil 3 subjek dari 5 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subjek penelitian yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang tinggi akan terlihat unggul dalam kemampuan komunikasi matematisnya. Hal ini dikarenakan mereka lebih senang menginterpretasikan pemahaman dengan cara memahami, mengelola, serta mengendalikan diri sendiri. Adapun peserta didik dengan kemampuan yang dikategorikan rendah dan sedang bisa juga mereka cerdas dalam jenis kecerdasan yang lain serta faktor-faktor lain yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, guru harus lebih memperhatikan setiap kecerdasan yang dimiliki peserta didik dan harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai.