AMALAN AKHLAK KEPALA SEKOLAHDASAR ISLAM DI MALANG MELALUI MURAQABAH, MUHASABAH DAN MUJAHADAH

Abstract

Muhasabah adalah sistem pengawasan yang melibatkan proses kontrol internal untuk memastikan bahwa al-ma'ruf wa al-nahyu ‘al-munkar diterapkan dalam pendidikan Islam. Tujuan utama dari artikel ini adalah untuk memeriksa faktor-faktor penentu praktik akhlak melalui Pendidikan Islam dasar di antara Dua Sekolah Kepala Sekolah. Kami mengumpulkan data melalui observasi non-partisipan, wawancara semi-terstruktur, dokumentasi, dan jurnal kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik kepala sekolah akhlak Sekolah Dasar Islam di Malang melalui muraqabah (pengamatan perilaku), muhasabah (praktik refleksi) dan Mujahadah (perjuangan keinginan) berkontribusi pada realisasi filosofi pendidikan nasional untuk menghasilkan generasi. komunitas sekolah yang memiliki pengetahuan yang benar, kompeten, terhormat dan berkontribusi pada peradaban universal.Muhasabah is a surveillance system involving the internal control process to ensure al- amr al-ma’ruf wa al-nahyu ‘an al-munkar implemented in Islamic education. The main purpose of this article is to examine the determinants of akhlak practices through elementary Islamic Education among Two Principal Schools. We’re collected data by non-participant observations, semi-structured interviews, documentation and principals’ journals. The results of this study showed that the practice of akhlak principals of Elementary Islamic School in Malang through muraqabah (behavioral observation), muhasabah (reflection practice) and Mujahadah (struggle of desires) contributed to the realization of the national education philosophy to produce a generation of school community who are righteous knowledgeable, competent, honorable and contribute to a universalcivilization.