Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Qur’an Hadits

Abstract

Artikel ini membahas tentang pembelajaran qur’an hadits dengan pendekatan contextual teaching and learning. Kajian ini difokuskan pada pembelajaran qur’an hadits. Penelitian bertujuan untuk menguraikan pembelajaran contextual teaching and learning pada: a) pelaksanaan pembelajaran Qur’an Hadits di madrasah  tsanawiyah Muhammadiyah Sejangkung Kabupaten Sambas, b) Faktor yang menjadi masalah dalam pelaksanaan pembelajaran Qur’an Hadits di pada madrasah tsanawiyah Muhammadiyah Sejangkung Kabupaten Sambas, (c) upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah dalam pembelajaran Qur’an Hadits madrasah tsanawiyah Muhammadiyah Sejangkung Kabupaten Sambas. Penelitian ini didesain dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pendidik, dan siswa pada Qur’an Hadits di madrasah  tsanawiyah Muhammadiyah Sejangkung Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat. Hasil analisis menunjukkan bahwa madrasah tsanawiyah Muhammadiyah Sejangkung dalam penyelenggaraan pembelajaran Hadits, secara falsafi mengikuti langkah-langkah yang didasarkan kepada Al-Quran dan Hadits, sedangkan secara teknis operasional cenderung menggunakan model Mastery Learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Hal ini berarti pola pembelajaran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Swasta Sejangkung mendukung model Mastery Learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, sebab teri-teori dari kedua konsep ini membuktikan kebenaran al-Qur’an dan dan Keteladan Nabi Muhammad yang jauh lebih dulu lahir sebelum asas-asas yang terdapat dalam model-model pembelajaran pada saat sekarang. Dengan demikian model pembelajaran Mastery Learning dengan pendekatan Contetextual Teaching and Learning berpeluang untuk digunakan dalam pembelajaran Hadits di Madrasah.