IMPLEMENTASI STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT MUTIARA HATI PAYAKUMBUH

Abstract

SDIT Mutiaran Hati Payakumbuh sudah menerapkan pembelajaran dengan strategi multiple intelligences pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.  Dokumen perencanaan pembelajarannya disebut dengan lesson plan, ada Multiple Intelligences Research (MIR) pada saat penerimaan peserta didik baru untuk mengetahui kecerdasan mereka, peserta didik dikelompokkan berdasarkan kecerdasan masing-masing. Implementasi strategi multiple intelligences pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 3.1 SDIT Mutiara Hati sudah terlaksana dengan baik. Lesson plan telah dimiliki oleh guru PAI sebelum pembelajaran dilaksanakan. Dasar  utama  guru  dalam  membuat  lesson  plan  untuk  kelas  3.1  SDIT  Mutiara  Hati  adalah kecerdasan linguistik peserta didik dengan menyesuaikan segala rencana kegiatan pembelajaran dengan indikator kecerdasan linguistik. Penerapan strategi multiple intelligences linguistik pada pembelajaran PAI di kelas 3.1 sudah terlaksana dengan kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kecerdasan linguistik peserta didik, baik kegiatan di awal pembelajaran seperti apersepsi, warner, dan scane setting, kegiatan inti sajikan dengan metode-metode yang sesuai dengan kecerdasan linguistik, dan kegiatan di akhir pembelajaran.