PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI PLANTET QUESTION DI SEKOLAH DASAR

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena rendahnya aktivitas peserta didik, kurangnya pemahaman atau penguasaan peserta didik terhadap konsep pembelajaran, peserta didik kurang terangsang untuk berfikir, serta rendahnya minat dan  rasa ingin tahu peserta didik dalam pembelajaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa aktivitas belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II, dalam hal menjawab pertanyaan pendidik meningkat dari 47% menjadi 78%, bertanya kepada pendidik meningkat dari 50% menjadi 83%, mendengarkan pendidik ketika pendidik menjelaskan materi meningkat dari 51% menjadi 82%, mengerjakan tugas meningkat dari 56% menjadi 86%. Untuk hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dari 25 peserta didik hanya 11 orang  (44%) yang dinyatakan tuntas. Sedangkan tes siklus II dari 25 orang peserta didik 21 orang  (84%) yang dinyatakan tuntas. Dapat diambil kesimpulan bahwa melalui strategi Plantet Question dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku peserta didik kelas IV di SDN 27 Sago Kabupaten Pesisir Selatan.