PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Abstract

Pembelajaran Matematika masih dianggap sulit bagi siswa SDN 28 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Ini terlihat dari banyaknya nilai ujian Matematika siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu aktivitas siswa dalam belajar masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk Melihat peningkatan  aktivitas dan  hasil belajar siswa setelah menerapkan strategi belajar aktif tipe Giving Question and Getting Answers (GQGA). Penelitian ini merupakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 28  Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Hasil analisis data ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan strategi belajar aktif tipe GQGA. Sehingga dapat disimpulkan penerapan strategi belajar aktif tipe GQGA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.