PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dalamdelapan kali pertemuan. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperolehmelalui wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian yang di dapat yaitu meningkatnyahasil belajar siswa yang meliputi tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.Peningkatan hasil belajar kognitif siswa naik sebanyak 22,92% dengan perolehan presentaseketuntasan 55,56% (siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa) pada posttes siklus Imenjadi 81,48% pada posttes siklus II (siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 siswa).Peningkatan Hasil belajar afektif siswa pada siklus I yaitu 59,26% kemudian mengalamipeningkatan pada siklus II menjadi 88,89%. Sedangkan hasil belajar psikomotorik siswamemperoleh rara-rata presentase ketuntasan 68,52% dan meningkat menjadi 90,74% padasikulus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pendekatanpembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran IPS.