PENERAPAN METODE CERITA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 12 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Abstract

Kasus yang penulis temui dalam penerapan metode cerita, pendidik bercerita hanya sebatas membacakan isi teks, tanpa ekspresi, dan gerakan yang menarik serta tidak menggunakan alat atau media penunjang. Karena dalam kajian penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidik serta apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode cerita. Hasil penelitian dapat disimpulkan: pertama, langkah awal dalam menerapkan metode bercerita pendidik sudah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tentang langkah-langkah metode bercerita. Kedua, penerapan sudah menggunakan berbagai macam metode bercerita diantaranya membacakan langsung dengan teknik bermain peran. Ketiga, evaluasi melalui tes tulis dan lisan, Keempat, kendala yang dihadapi diantaranya tidak memanfaatkan sarana sekolah seperti laptop, tape, gambar, dan speaker sebagai media pembelajaran.