PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PIDATO MELALUI METODE TIRU MODEL SISWA KELAS VI SDN 03 MANGGILANG

Abstract

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada tingkat SD memiliki empat keterampilan (dibaca juga kemampuan), yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Kemampuan menyimak erat kaitannya dengan kemampuan berbicara, sedangkan kemampuan membaca akan erat kaitannya dengan kemampuan menulis. Untuk dapat menulis, siswa perlu banyak membaca. Salah satu dari kemampuan menulis dalam Bahasa Indonesia adalah kemampuan menulis teks pidato. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode tiru model dalam meningkatkan kemampuan menulis teks pidato pada siswa dan bagaimana proses peningkatan kemampuan menulis teks pidato siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK, penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis pidato melalui metode tiru model. Penelitian dilakukan di  kelas VI SDN 03 Manggilng dengan subyek 18 orang.  Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik tiru model  dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks pidato. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai unjuk kerja pada siklus I rata-rata siswa memperoleh 72,53% dan pada siklus II naik menjadi 79,9%.