PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA

Abstract

Telah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-ListenCreate(FSLC) dengan menggunakan mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk melihataktivitas dan peningkatan keterampilan berfikir kritis mahasiswa pada Mata Kuliah KonsepDasar IPA 1 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-ListenCreate(FSLC) dengan menggunakan mind mapping. Metode penelitian ini menggunakanpre-eksperimental dengan desain penelitiannya one group pretest anda posttest design.Penelitian dilaksanakan di Jurusan PGMI FTK IAIN Imam Bonjol Padang. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Konsep Dasar IPA 1.Sampel penelitian diambil satu kelas yaitu mahasiswa semester I lokal B yang berjumlah 38mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan hasil dari gain pretest dan postest kemudian dilihatgain ternormalisasinya. Hasil yang diperoleh lebih kepada makna generalisasi untuk melihatpeningkatan keterampilan berfikir kritis mahasiswa. Dimana terdapat peningkatan aktivitasmahasiswa di setiap pertemuan. Pada aspek keterampilan berfikir kritis juga terdapatpeningkatan, dimana gain ternormalisasinya 0,33 berada pada kategori sedang. Dapatdisimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-ListenCreate(FSLC) dengan menggunakan mind mapping dapat meningkatkan keterampilanberfikir kritis mahasiswa.