PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN 07 SUNGAI TARAB KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATAR
Abstract
Rumusan masalah penelitian adalah: bagaimana bentuk perencanaan pembelajaran, bagaimana pelaksanaan pembelajaran untuk peningkatan pemahaman konsep IPA melalui metode eksperimen pada Siswa Kelas V SDN 07 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar, dan bagaimana hasil pembelajaran melalui metode eksperimen pada pada Siswa Kelas V SDN 07 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan rencana pembelajaran, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA melalui metode eksperimen pada pada Siswa Kelas V SDN 07 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar, dan mendiskripsikan hasil pembelajaran IPA melalui metode eksperimen pada pada Siswa Kelas V SDN 07 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 07 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Tindakan dan pengamatan pembelajaran IPA dengan metode eksperimen yaitu: mempersiapkan pemakaian metode eksperimen, melaksanakan pemakaian metode eksperimen, tindak lanjut dari penggunaan metode eksperimen. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu: tahap refleksi awal, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan pengamatan tindakan, tahap refleksi. Pembelajaran dengan menggunakan pemahaman konsep melalu metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat pada siklus I dengan nilai rata-rata 63,8 selanjutnya pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 87,8. Hal ini merupakan bukti keberhasilan pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan di SDN 07 Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar.