PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru terhadap strategidan teknik pembelajaran.Guru tidak menyampaikan pembelajaran sesuai dengan langkahlangkahstrategi yang digunakan dalam proses belajar.Guru terlalu cepat menyampaikanmateri.Kurangnya ke aktifan siswa dalam belajar.Siswa kurang fokus memperhatikan materiyang di sampaikan guru. Kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta kendala-kendala dalam penggunaanstrategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada mata pelajaran Fiqih di kelas IVMIN Kota Solok. Penelitian ini adalah field researchdengan metode kualitatif jenis deskriptif. Sumberdata dalam penelitian ini adalah yang pertama data primer dari guru kelas IV dan siswa kelasĀ IV MIN Kota Solok, selanjutnya data sekunder Kepala MIN Kota Solok. Teknikpengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian adalah: (1) pada perencanaan Strategi Catatan Terbimbing (GuidedNote Taking), guru kelas IV telah nenyiapkan RPP, namun tidak sesuai dengan langkahlangkahStrategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking), (2) Pelaksanaan pembelajarandalam pelaksanaan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada mata pelajaranFiqih sudah dilaksanakan, namun pelaksanaannya belum sesuai dengan langkah-langkahnya.(3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan Strategi Catatan Terbimbing (GuidedNote Taking), yaitu guru kesulitan dalam membuat bahan ajar, guru mengalami kesulitanbiaya dalam membuat bahan ajar, alokasi waktu yang tidak cukup.Penulis menyimpulkanbahwa penerapan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) tidak sesuai denganlangkah-langkah Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) dan penulismenyarankan agar guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang disesuaikan denganlangkah-langkah strategi yang di gunakan saat pembelajaran serta menyesuaikan dengantujuan pembelajaran, guru juga harus mengetahui karakteristik siswa dan kondisipembelajaran.