PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CREATIVITY AND INNOVATION SKILLS MAHASISWA

Abstract

Creativity and innovation skills merupakan salah satu katergori pada keterampilan abad-21, yang merupakan pemikiran kreatif dan kemampuan untuk bekerja secara kreatif dengan orang lain. Untuk meningkatkan creativity and innovation skills pada mahasiswa diperlukan usaha yang dapat diterapkan dalam perkuliahan. Diantara usaha tersebut adalah melalui penerapan model Project Based Learning. Penelitian dilakukan pada mahasiswa PGMI yang mengambil mata kuliah Eksperimen Sains. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan penilaian unjuk kerja mahasiswa. Dari penelitian diperoleh data aktivitas mahasiswa dalam menerapkan model Problem Based Learning tergolong baik, dimana nilai tertinggi adalah pada tahap membuat produk dengan rata-rata 85. Creativity and Innovation skills mahasiswa juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata tertinggi terdapat pada indikator terbuka dan mau mendengarkan ide dan perspektif yang berbeda, dengan nilai 82,2. Penilaian terhadap produk eksperimen sains diperoleh nilai tertinggi dengan rata-rata 91,2 untuk produk berbasis aplikasi sains. Dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan creativity and innovation skills mahasiswa.