HUBUNGAN GENDER DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara gender dengan kemampuan pemecahan masalah matematika laki-laki dan perempuan. Jenis penelitian ini eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan Rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design, sebanyak 32 orang siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan kelas V SDN 18 Alang Lawas Padang. Data penelitain berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, dapat dilihat dari hasil perhitungan uji F yang mengungkapkan Fhitung > F table dimana nilai Fhitung sebesar 4,704 sedangkan F table 3,99. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah.