PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR TEMATIK DENGAN STRATEGI INKUIRI PADA TEMA LINGKUNGAN DI MI/SD

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh masalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA. Pada saat observasi masih jelas tergambar pemisahan antara bidang studi. Dalam pembelajaran peserta didik kurang di pandu kepada aktifitas sehingga, beberapa peserta didik hanya, duduk sambil menggambar yang tidak ada hubungannya dengan pembelajaran. Peserta didik tidak terlibat aktif. sehingga proses pembelajaran belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar tematik dengan menggunakan strategi inkuiri pada tema lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah guru/siswa kelas III SDN 20 Kurao Pagang yang berjumlah 35 orang yang dilaksanakan di semester I tahun ajaran 2016/2017. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas belajar tematik siswa kelas III SDN 20 Kurao Pagang. Melihat hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar tematik siswa kelas III dari siklus I ke siklus II pada tema lingkungan di SDN 20 Kurao Pagang maka perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dimasa yang akan datang.