STUDI KUALITAS DAN PEMAHAMAN HADIS-HADIS IBADAH PADA MATERI AJAR KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN DASAR KOTA PADANG

Abstract

Hadis memiliki peranan dalam menetapkan hukum dan tata cara pelaksanaan ibadahdalam Islam. Hal ini sesuai dengan fungsi hadis dalam syariat Islam yaitu menetapkan hukumyang belum ada dalam al-Quran, dan sebagai dasar bagi pengamalan syariat Islam. Apabiladikaitkan dengan keilmuan Pendidikan Islam, hadis dan ibadah merupakan salah satu kajianyang menjadi bagian materi Pendidikan Islam. Sebagai manusia yang diciptakan oleh Allah danhidup di muka bumi ini mempunyai banyak tugas dan kewajiban yang harus dikerjakan. Tetapidiantara tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban yang pokok yang harus dikerjakan, tidak dapat ditinggalkan dan tidak dapat diwakilkan adalah ibadah kepada Allah. Supaya manusia memahamibahwa adanya Allah mewajibkan manusia dan jin untuk beribadah kepada Allah adalah sebabketika di alam ruh Allah telah menawarkan amanah agama kepada semua hamba-Nya yang telahdiciptakan pada waktu itu. Dan manusialah yang sanggup melaksanakan amanah agama tersebut.Petunjuk-petunjuk untuk pelaksanaan ibadah ada terdapat dalam al-Qur’an dan juga terdapatdalam hadis Nabi. Oleh sebab itu kedua sumber ajaran Islam itu harus dipahami dengan baikbagaimana melaksanakan ibadah tersebut. Berkenaan dengan hadis tersebut, maka yang kamimaksud dengan hadis ibadah adalah hadis-hadis nabi yang menjelaskan tentang tatacaraberibadah dalam Islam. Namun yang penulis maksud dalam pengertian hadis ibadah tersebutadalah hadis-hadis yang berkenaan dengan ibadah khusus atau mahdah yang mempunyaiketentuan-ketentuan dalam pelaksanaannya.