PENCIPTAAN SUASANA RELIGIUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penciptaan suasana religius di Madrasah Ibtidaiyah dalam membentuk pendidikan karakter. Permasalahannya adalah bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di lembaga pendidikan dasar semisal Madrasah Ibtidaiyah masih cenderung transformatif dan minim internalisasi. Oleh karena itu, perlu didukung dengan upaya lain seperti menciptakan suasana religius yang berbasis pembiasaan dan keteladanan. Untuk menciptakan suasana religius di Madrasah Ibtidaiyah setidaknya ada dua hal yang penting diperhatikan, yaitu komitmen setiap pendidik sebagai figur teladan dan kesesuaian bentuk kegiatan keagamaan yang dilaksanakan dengan dimensi perkembangan peserta didik usia Madrasah Ibtidaiyah. Kedua hal ini penting karena akan mempengaruhi hasil pendidikan karakter yang dilaksanakan.