MODEL PEMBINAAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana model pembinaan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan interview. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: bagaimana model pembinaan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Sebagaimana kita ketahui bahwa kurikulum 2013 ini sangat menuntut guru dalam hal kretivitas, kemampuan serta motivasi yang tinggi, disebabkan karena kurikulum ini model pembelajarannya tematik terpadu, disamping itu penilaian dalam kurikulum 2013 ini menggunakan aplikasi (IT), sehingga benar-benar menuntut guru untuk mampu dari segala segi dalam mengimplementasikannya sesuai prosedur yang dikeluarkan pemerintah. Pembinaan di MIN Tempel dilakukan dengan beberapa latihan atau diklat yang diselenggarakan oleh bimtek Kemenag yang diikuti oleh seluruh guru MI secara bergantian selama periode 2013-2014. Juga ada pelatihan yang dilaksanakan oleh balai diklat Semarang LPMP dua kali dalam setahun, dan juga dengan mengundang nara sumber pakar pendidikan.