PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V masih rendah.Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswadengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban pada mata pelajaran IPA kelas V.A SDN 10 Painan Timur. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban, dilaksanakan dua siklus dengan empat tahap tindakan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A yang berjumlah 23 orang siswayangterdiri dari 15 orang siswa laki-laki serta 8 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar.Data hasil penelitian diolah secara deskriptif kualitatif dan dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, didapatkan pada siklus I dan siklus II aktivitas siswa meningkat dari 55,9% menjadi 81,7%. Hasil belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I dengan perolehan rata-rata 71,39, pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan rata-rata 77,13. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V.A SDN 10 Painan Timur Kecamatan IV Jurai.