PENERAPAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PEKANBARU

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru kemungkinan disebabkan metode mengajar yangdigunakan guru kurang efisien. Dari pengamatan terdapat 17,9% dari jumlah siswa kelas IIyang ada di Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru tidak tuntas dalam membaca. Penelitianini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SekolahDasar Negeri 136 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelaskolaboratif. Dikatakan sebagai penelitian kolaboratif karena dalam PTK ini melibatkanpeneliti sebagai observer yang akan memperhatikan segala tindakan peneliti dan dampaknyadalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswadalam kemampuan membaca permulaan mengalami peningkatan. Di mana diketahui daridata awal adalah 62,7 (kategori kompeten) dengan ketuntasan 17,9% siswa atau 5 orang.Siklus pertama pertemuan pertama diperoleh rata-rata 67,0 (cukup kompeten) denganketuntasan 39,3% siswa atau 11 orang, siklus pertama pertemuan kedua diperoleh rata-rata70,1 (kompeten) dengan ketuntasan 53,6% siswa atau 15 orang, siklus kedua pertemuanpertama diperoleh rata-rata 76,3 (kompeten) dengan ketuntasan 67,9% siswa atau 19 orang,dan siklus kedua pertemuan kedua diperoleh rata-rata 85,5 (kompeten) dengan ketuntasan100% siswa atau 28 orang. Dengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil