Wake Up and Make Up: Efek Kosmetik Wajah dan Waktu Pemaparan Terhadap Attractiveness

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapat pengaruh penggunaan kosmetik wajah terhadap attractiveness, (2) apakah terdapat pengaruh penggunaan waktu pemaparan terhadap attractiveness, dan (3) apakah terdapat pengaruh interaksi penggunaan kosmetik wajah dan waktu pemaparan terhadap attractiveness, dalam jangka waktu pengamatan selama 0.25 detik dan tanpa batas waktu pemaparan. Penelitian ini melibatkan 43 orang partisipan, yaitu mahasiswa angkatan 2014-2015 Prodi Psikologi, Universitas Brawijaya, Malang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi PsychoPy dengan menggunakan 7 point slider scale untuk penilaian attractiveness, yang memiliki rentang mulai dari skala 1 (sama sekali tidak) hingga skala 7 (sangat). Analisis penelitian ini menggunakan teknik univariate analysis of variance. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan kosmetik wajah terhadap attractiveness (p=0.000), terdapat pengaruh penggunaan waktu pemaparan terhadap attractiveness (p=0.001), dan tidak terdapat pengaruh interaksi penggunaan kosmetik wajah dan waktu pemaparan terhadap attractiveness (p=0.158).