Peran Efikasi Diri dalam Memediasi Hubungan antara Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Berprestasi

Abstract

Achievement motivation is very important for students because it is the driving force that enables them to achieve what they desire. Parental involvement becomes one factor that influences achievement motivation. The purpose of this study was to examine the relationship between parental involvement and achievement motivation as mediated by self-efficacy. Among a sample of 200 junior high school students, using a quantitative approach,  data in the current research showed that self-efficacy significantly mediated the relationship between parental participation and achievement motivation.  Motivasi berprestasi sangat penting bagi siswa karena motivasi berprestasi berperan sebagai daya dorong yang memungkinkan mereka mencapai apa yang mereka cita-citakan. Keterlibatan orang tua menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji peran efikasi diri dalam memediasi hubungan antara keterlibatan orang tua dan motivasi berprestasi. Sampel atau subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 200 siswa sekolah menengah pertama. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri berperan signifikan dalam memediasi hubungan antara keterlibatan orang tua dan motivasi berprestasi.