Peran Impostor Syndrome dalam Menjelaskan Kecemasan Akademis pada Mahasiswa Baru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran impostor syndrome dalam menjelaskan kecemasan akademis pada mahasiswa baru. Subyek penelitian (N = 160) diperoleh melalui random sampling terhadap mahasiswa baru psikologi. Data diperoleh melalui  Clance Impostor Phenomenon Scale (CIPS) yang terdiri dari 20 aitem dan State Trait Anxiety Inventory (STAI) yang terdiri dari 20 aitem untuk State Anxiety dan 20 aitem untuk Trait anxiety yang telah diadaptasi. Hasil penelitian menunjukkan  63 (39.35%) subyek tergolong impostor dan 37 (23.15%) subyek mengalami kecemasan akademis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai R square sebesar 0.175 jadi sumbangan efektif impostor syndrome terhadap kecemasan akademis pada mahasiswa baru sebesar 17.5 % Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh nilai F sebesar 33.582 dengan signifikansi sebesar p=0.0001 (p<0.05) yang berarti terdapat pengaruh positif antara impostor syndrome dengan kecemasan akademis.